2788 Calon Pegawai di Bulukumba Berebut Jatah Kouta PPPK

Peserta saat mengikuti ujian komputer, Senin 13 September 2021. (Foto: Alur/Afri)

Bulukumba - Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan telah melaksanakan tes ujian komputer bagi 2.788 orang calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba, Akhmad Djanuaris mengatakan, mereka yang telah menjalani ujian tes komputer bakal bersaing merebut jatah 1.097 kouta.

"Seleksi dan ujian tes komputer bagi calon pegawai P3K berlangsung di empat lokasi yang telah ditentukan oleh panitia," katanya, Senin, 13 September 2021.

Lokasi tes, sebut dia, pertama di SMAN 1 Bulukumba, SMKN 1 Bulukumba, SMAN 2 Bulukumba, Kecamatan Bukukumpa dan SMAN 9 Bulukumba di Ujung Loe.

Proses tes sediri berlangsung dengan penerapan prokes yang ketat, sebelumnya peserta wajib untuk melakukan rapid antigen sehari sebelum mengikuti ujian.

Ia menyebutkan tes ujian komputer merupakan tahap pertama bagi peserta. Yang mana, mereka mendaftarkan diri hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah mengabdi pada formasi sekolah.  

"Mereka yang sudah mengabdi selama ini di sekolah, jadi ada formasi sesuai sekolah peserta. Tapi itu dibuktikan dengan adanya data pada Sistem Informasi Tenaga Pendidik (Simtendik)," ungkapnya.

"Tahap pertama ini hanya bisa didaftar oleh honorer yang pernah mengabdi di sekolah itu, kalau satu honor, berarti satu juga yang bisa mendaftar, tapi belum tentu lolos karena tetap mengacu pada passing grade," sambungnya.

Jika tahap pertama ada honorer yang tak lolos, Ahmad Januaris, mengatakan bisa mendaftarkan diri kembali pada tahap dua. Sebut dia, mereka diperbolehkan mendaftar pada sekolah lain. Namum, tak boleh keluar dari Bulukumba.

"Tahap ketiga ini berlaku luas, mereka bisa mendaftarkan keluar kabupaten, atau orang luar masuk ke Bulukumba untuk mendaftar," ujar dia. []

Komentar Anda